banner

Ini Peringatan Billy Graham Soal Bahaya Televisi dan Film Pada Anak

Televisi dan film memang tak dipungkiri berpengaruh besar bagi pertumbuhan anak, khususnya pola perilaku dan paradigmanya. Membiarkan anak menonton televisi dengan bebas sesuai dengan program tayangan kesukaan mereka adalah kesalahan terbesar orangtua.

 

Ancaman terbesar menonton televisi dan film bagi anak adalah kehadiran beragam program, seperti kartun dan film lainnya yang mengandung konten dewasa, kekerasan, homoseksual dan banyak tayangan-tayangan negatif lainnya.

Bahaya televisi dan film bagi anak-anak ini memang sudah dipublikasikan di Pediatrics and Child Health pada tahun 2003 silam. Hasil studi ini mengatakan bahwa Televisi menimbulkan dampak negatif dan positif pada anak-anak, terutama tayangan yang mengandung kekerasan, bahasa kasar dan penyimpangan seksual. Misalnya, tayangan yang berbau kekerasan bisa mengubah perilaku anak menjadi keras. Selain itu, terlalu banyak menonton juga ternyata membuat anak malas belajar dan bahkan menyebabkan masalah obesitas.

Sebagai generasi mendatang, anak adalah aset penting yang dikehendaki Tuhan untuk hidup di dalam kebenaran. Dari itulah, penginjil terkemuka Billy Graham meresponi ancaman berbahaya ini dengan mengingatkan orangtua agar tetap waspada dengan tayangan atau film yang ditonton anak.

Jadi apa yang harus dilakukan orangtua?

Salah satu cara yang bisa dilakukan orangtua, kata Graham, adalah dengan memantau setiap tayangan yang ditonton anak-anak mereka. Orangtua yang terlanjur memberikan kebebasan bagi anak untuk menonton apa saja yang mereka sukai malah akan berisiko besar tumbuh dengan meniru segala hal negatif yang dia dapatkan dari apa yang dia saksikan di televisi.

“Membesarkan anak-anak kita adalah salah satu tanggung jawab orangtua yang paling penting dari Allah, dan mengabaikan atau menyerahkannya kepada orang lain bisa menjadi bencana. Alkitab mengatakan, “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu (Amsal 22: 6)”.

Graham menjelaskan bahwa anak-anak saat ini sudah berbeda dengan anak-anak yang lahir puluhan tahun lalu. Anak-anak saat ini cenderung begitu mudah meniru tindakan yang disaksikannya dari televisi atau film. Hal itulah yang ditunjukkan saat ini, bahwa media berperan besar dalam kehidupan anak muda dan orangtua sudah sewajarnya mulai merasa was-was dengan perubahan ini.

Dia menambahkan, meskipun anak-anak memang akan cenderung meniru tindakan orangtuanya, tetapi mereka juga menyerap hal lain yang mereka lihat di televise dan kadang-kadang menjadikannya sebagai dasar untuk menentukan tindakan yang benar atau salah. Program yang tidak alkitabiah kebanyakan akan membawa anak pad acara pandang yang salah

Dia juga mengatakan agar setiap orangtua mengajarkan anak-anak mereka tentang kebenaran yang Tuhan sampaikan lewat Alkitab. 1 Tesalonika 5 ayat 21-22 berbunyi, “Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik. Jauhkanlah dirimu dari segala jenis kejahatan.”

 

Penting sekali bagi setiap orangtua meminta bantuan Tuhan untuk terlibat mengawasi anak-anak mereka. Selain itu, orangtua juga perlu mendorong anak-anak untuk meluangkan waktu bersama dengan bermain dan berdoa bersama. Kebiasaan berdoa dan membaca firman Tuhan akan membantu anak memiliki fondasi yang benar tentang berbagai persoalan yang mungkin akan dihadapinya. Anak-anak tidak perlu mencari jawaban dari televisi atau film atas keraguan mereka soal membedakan antara yang benar dan salah, karena Alkitab memberikan jawaban yang tepat.  

Sumber : Christiantoday.com/jawaban.com

Soldier of God

 

Alamat Radio
Depan SPBU Kakaskasen 2
Kota Tomohon Sulawesi Utara

Happy Holy Kids Tomohon

 

Contact Person
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
No tlpn kantor: 0431-356364

Rumah Kost Eirene

 

Contact Interaktif
No tlpn interaktif: 0431-354100
SMS: 085256434100
Home Artikel News Inspiration Ini Peringatan Billy Graham Soal Bahaya Televisi dan Film Pada Anak