banner

7 Tips Rencanakan Trip Misi Jangka Pendek

7 Tips Rencanakan Trip Misi Jangka Pendek

Trip misi sudah menjadi sesuatu yang lazim bagi orang-orang Kristen. Tak hanya diikuti oleh sekelompok orangtua saja, tetapi juga sudah menjadi sebuah tren petualangan misi bagi anak-anak muda gereja. Ada yang merencanakan trip misi jangka panjang dan ada pula yang hanya melakukan trip misi singkat (jangka pendek) saja.

 

Jika Anda kepikiran ingin sekali merencanakan trip misi singkat di waktu dekat ini, Anda bisa mengikuti 7 tips ini, demi menjamin kelancaran dan persiapan trip misi yang akan Anda lakukan.

1. Bicarakan dengan pemimpin gereja Anda sesegera mungkin dan minta saran dan masukan mereka. Yakinlah, ketika Anda menyampaikan kerinduan Anda untuk melakukan trip misi bersama rekan-rekan pemuda gereja lainnya spemimpin Anda akan sangat mendukung niatan itu. Tak ada hal yang lebih membahagiakan pemimpin gereja daripada mendengar jemaatnya mau melayani Tuhan di tempat yang membutuhkan. Agar rencana ini berhasil, pastikan pula gereja Anda tidak sedang sibuk mengurusi berbagai rencana perjalanan lain yang juga membutuhkan banyak biaya.

2. Ikut dalam organisasi misi yang Anda kenal. Memilih sebuah organisasi untuk trip singkat akan sangat berisiko bagi Anda. Untuk itu akan lebih baik jika memilih sbeuah organisasi yang sudah Anda kenal atau diketahui oleh gereja Anda. Hal ini penting karena organisasi yang sudah dikenal cenderung lebih profesional dari organisasi kecil yang belum dikenal luas. Selain itu, perjalanan misi Anda mungkin akan lebih bermanfaat dan maksimal jika orang-orang yang ikut di dalamnya bisa saling membangun secara rohani.

3. Jangan pilih organisasi yang hanya menjual produk saja. Organisasi misi tahu bahwa anak muda yang sikut melakukan trip misi sjangka pendek dengan mereka akan cenderung menjadi anggota jangka panjang atau bahkan memutuskan menjadi missionaris. Tetapi organisasi misi yang baik akan mendorong Anda untuk kepentingan Anda sendiri. Karena itu, hindari organisasi yang hanya mementingkan kepentingan mereka sendiri dan yang tidak memberikan saran yang objektif soal trip misi yang akan Anda lakukan.

4. Pastikan organisasi misi yang Anda ikuti mendampingi Anda selama trip misi. Melakukan misi ke Kalimantan selama sebulan dan menghabiskan waktu selama seminggu di Sulawesi adalah sesuatu yang begitu menantang. Pastikan organisasi yang Anda ikuti senantiasa ada untuk membantu Anda di tempat tujuan, misalnya memiliki agen di lokasi tujuan sebagai pembantu baik dalam masalah medis, tantangan budaya dan sebagainya. Tanyakan kepada mereka tentang ketersediaan asuransi kesehatan. Jika ternyata mereka tidak menanggapi hal itu, putuskan untuk tidak memilih organisasi tersebut.

5. Pilih tempat tujuan yang sesuai dengan rencana. Jangan pernah berpikir untuk pergi ke suatu tempat terpencil lalu berkeinginan untuk membangun sekolah atau desa di sana. Tentu hal itu tidak akan mungkin bisa dikerjakan dalam waktu singkat. Karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih tempat tujuan yang bisa menerima kehadiran Anda selama beberapa minggu, misalnya panti asuhan. Anda bisa menjadi kakak pembimbing di sana dan memberikan pengajaran kepada anak-anak di sana.

6. Dapatkan waktu istirahat yang cukup. Jika Anda telah melakukan perjalanan yang panjang, jangan lupa untuk mengambil liburan bagi diri sendiri. Jangan sia-siakan banyak hal yang Anda temukan karena terlalu berfokus pada tujuan Anda.

7. Minta surat ijin resmi perusahaan penyedia trip misi. Jika Anda hendak memesan paket wisata, pastikan terlebih dahulu apakah perusahaan itu memiliki surat ijin resmi. Karena hal itu sangat penting bagi keselamatan dan juga sebagai antisipasi akan sesuatu hal bisa terjadi di lapangan. Jika mereka ternyata tidak punya ijin, akan lebih baik jika mencari perusahaan penyedia trip misi yang lain.

 

Di atas semua itu, persiapkan diri secara maksimal. Jika perjalanan misi ini benar-benar timbul dari keinginan dan kerinduan hati Anda yang terdalam, maka tetaplah bawakan dalam doa-doa Anda. Doakan juga orang-orang yang ikut bersama Anda. Pelajari informasi tentang tempat tujuan Anda, apa yang bisa Anda lakukan di sana dan yang mungkin Anda hadapi ke depan. Pergilah dengan harapan untuk bisa melayani banyak orang dan berharap agar trip misi singkat ini akan mengajarkan Anda tentang sesuatu yang berharga dan tak terlupakan.

Sumber : Christiantoday.com/jawaban.com

Soldier of God

 

Alamat Radio
Depan SPBU Kakaskasen 2
Kota Tomohon Sulawesi Utara

Happy Holy Kids Tomohon

 

Contact Person
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
No tlpn kantor: 0431-356364

Rumah Kost Eirene

 

Contact Interaktif
No tlpn interaktif: 0431-354100
SMS: 085256434100
Home Artikel News Inspiration 7 Tips Rencanakan Trip Misi Jangka Pendek