banner

Waspada! Berat Badan Ideal Belum Tentu Bebas Kolesterol

Jakarta, Seseorang yang memiliki berat badan berlebih memang harus mewaspadai kadar kolesterol jahat dalam tubuhnya. Namun bukan berarti pemilik berat badan ideal boleh tenang-tenang saja, sebab sama-sama berisiko mengalami kelebihan kolesterol.

"Tidak hanya berat badan saja patokan untuk menentukan kadar kolesterol seseorang, tidak 100 persen orang dengan berat badan ideal lalu bebas kolesterol," ujar Prof Dr Tjandra Yoga Adhitama, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI dalam Konferensi Pers di Balai Kartini (Rabu 10/3/2013).

Untuk mencegah timbulnya penyakit kolesterol, secara rutin seseorang harus mengukur kadar kolesterol dalam darahnya, tidak hanya dengan mengukur berat badan.

Meski memiliki berat badan ideal, seseorang tetap berisiko mengalami kelebihan kolesterol jika banyak mengonsumsi makanan berlemak. Konsumsi makanan berlemak akan membawa pengaruh tingginya konsumsi kolesterol ke dalam tubuh.

Pengaturan pola makan sehat dengan kalori seimbang adalah pola konsumsi makanan yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Pengaturan ini mencakup memilih makanan rendah gula, rendah garam, rendah lemak, tinggi serat, dan kalori seimbang.

Zat gizi yang dibutuhkan untuk hidup sehat antara lain karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan kalsium. Di dalam tubuh, zat-zat gizi tersebut berfungsi sebagai sumber energi, zat pembangun, dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

Kebutuhan gizi yang dibutuhkan seseorang harus dipenuhi agar tetap sehat.

Berat badan ideal dapat dihitung dengan rumus berikut:

BB Ideal = (Tinggi Badan - 100) - 10 Persen
(Tinggi badan dalam satuan cm dan berat badan dalam satuan kg)

sumber: detikHealth

Soldier of God

 

Alamat Radio
Depan SPBU Kakaskasen 2
Kota Tomohon Sulawesi Utara

Happy Holy Kids Tomohon

 

Contact Person
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
No tlpn kantor: 0431-356364

Rumah Kost Eirene

 

Contact Interaktif
No tlpn interaktif: 0431-354100
SMS: 085256434100
Home Artikel News Kesehatan Waspada! Berat Badan Ideal Belum Tentu Bebas Kolesterol