banner

Bisa Picu Gangguan Tulang, Ini Pentingnya Cermat Pilih Tas Sekolah Anak

Jakarta, Saat anak menjelang masuk sekolah, orang tua biasanya akan sibuk membelikan berbagai macam perlengkapan sekolah, salah satunya tas. Hati-hati, jika salah memilih, anak justru akan berisiko mengalami gangguan pada tulang belakangnya, lho.



"Idealnya baik anak-anak ataupun remaja beban yang dibawa oleh tubuhnya maksimal 15 sampai 20 persen dari berat badannya. Jadi tas yang pas untuk anak-anak usia SD itu tas ransel," ujar DR. H. Briliantono M Soenarwo, SpOT, FICS, MD, PhD, MBA, dari Halimun Medical Centre, saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Kamis (13/2/2014).

Dokter yang akrab disapa dr Tony ini juga mengungkapkan bahwa panjang tas juga perlu diperhatikan. Hindari membelikan anak tas yang ukurannya tak sesuai dengan tinggi badan anak, misalnya terlalu panjang dan hampir setara dengan lututnya.

"Cukup sampai pantat saja panjangnya, supaya pertumbuhan tulang punggungnya tetap bisa lurus," pesan dr Tony. Apa efeknya jika memaksakan tetap membelikan anak tas yang panjangnya tak sesuai?

"Kalau dipaksakan bisa mengakibatkan tulang bengkok atau scoliosis dalam jangka panjang. Nah, untuk jangka pendek anak jadi nggak nyaman. Dia pasti akan sering merasa pegal atau capek," tutur dr Tony.

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh orang tua adalah selalu mengontrol beban bawaan anak ke sekolah. Jika memang buku atau barang bawaan yang harus dibawa cukup banyak dan berat, ada baiknya anak diberikan tas dorong. Sebab jika dipaksakan tetap memakai tas ransel, maka kondisi seperti itu dalam jangka panjang akan membuat struktur tulang punggung anak tak rata.

Sehari sebelum hari pertama sekolah, sediakan waktu khusus bersama anak untuk menyiapkan barang bawaan anak. Pilihlah dengan cermat mana benda yang harus dibawa dan mana yang tidak. Selain itu, tempatkan benda yang memiliki berat lebih di bagian bawah. Usahakan untuk tidak membawa barang yang tidak terlalu penting karena akan hanya menambah beban di tas ransel itu sendiri.

Perhatikan keluhan anak di hari pertama sekolahnya, jika ia mengeluhkan adanya kondisi mati rasa atau kesemutan di lengan dan kaki, maka bisa jadi itu diakibatkan oleh tas ransel yang kurang cocok akibat beban yang dibawanya terlalu banyak.

Soldier of God

 

Alamat Radio
Depan SPBU Kakaskasen 2
Kota Tomohon Sulawesi Utara

Happy Holy Kids Tomohon

 

Contact Person
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
No tlpn kantor: 0431-356364

Rumah Kost Eirene

 

Contact Interaktif
No tlpn interaktif: 0431-354100
SMS: 085256434100
Home Artikel News Kesehatan Bisa Picu Gangguan Tulang, Ini Pentingnya Cermat Pilih Tas Sekolah Anak